cara membuat artikel seo

Cara menulis artikel SEO friendly bagi Pembaca

Posted on

Ya, itu adalah impian setiap blogger untuk membuat setiap artikel yang diposting di blog mereka dapat dibaca. Anda mungkin memiliki berbagai strategi untuk mempromosikan blog Anda. Namun tidak dapat disangkal bahwa konten blog sama pentingnya dengan ‘alat pemasaran’ blog Anda.

 cara membuat artikel seo

Alasannya sangat sederhana: Anda ingin pembaca kembali ke blog Anda. Anda mungkin dapat membawa pembaca untuk datang ke blog Anda, namun jika mereka tidak suka membaca konten blog Anda, kemungkinan pembaca untuk kembali ke blog Anda kecil. Menulis artikel untuk dimasukkan ke dalam blog membutuhkan latihan kecuali Anda memang dilahirkan untuk menjadi penulis hebat. Berikut beberapa hal yang bisa dipraktikkan Cara menulis artikel SEO friendly bagi Pembaca.

  1. Pastikan struktur artikel sudah tertata
  • Saat menulis artikel, pastikan artikel tersebut memiliki pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Pendahuluan harus menyatakan gagasan utama yang ingin Anda sampaikan. Isi untuk memperluas argumen Anda dalam satu atau beberapa paragraf. Kesimpulan harus singkat dan meringkas seluruh artikel.
  1. Gunakan sub-judul
  • Pembaca online kurang sabar. Teks yang terlalu panjang mudah membuat pembaca bosan untuk melanjutkan bacaannya yang menyebabkan mereka segera meninggalkan blog Anda. Sub-judul adalah cara yang bagus untuk membuat artikel Anda lebih mudah dibaca. Ini memungkinkan pembaca untuk mendapatkan gambaran singkat tentang masalah yang diangkat dalam artikel Anda.
  1. Pastikan artikel blog Anda rasional
  • Atur ide Anda ke dalam paragraf dan jangan melompat dari satu topik ke topik lain atau bahkan keluar dari topik. Semua argumen dan ide perlu mengalir secara logis dan rasional agar pembaca Anda tidak ‘sesat’ dalam memahami artikel Anda.
  1. Gunakan gambar
  • Tidak semua artikel blog dapat diilustrasikan melalui gambar, namun sebagian besar bisa. Tidak diragukan lagi, gambar dapat menarik perhatian pembaca dan membuat teks terlihat lebih ramah pembaca.
  1. Hindari penggunaan angka dan detail teknis
  • Jangan membingungkan pembaca Anda dengan istilah ilmiah atau detail teknis kecuali Anda menulis untuk jumlah pembaca yang sangat spesifik. Cobalah untuk menggunakan bahasa percakapan di seluruh artikel Anda. Jika Anda ingin menggunakan bahasa ilmiah, pastikan Anda memiliki bahasa yang sederhana untuk menjelaskannya kepada pembaca.
  1. Jangan salah menilai pembaca(overestimate/underestimate )
  • Anda tidak perlu menjelaskan sesuatu yang sudah diketahui pembaca, tetapi jelaskan hal-hal yang mungkin ingin dipahami pembaca. Jika Anda tidak yakin bagaimana membedakan hal-hal yang perlu diklarifikasi dari hal-hal yang tidak perlu diklarifikasi, pikirkan apakah teman Anda akan mengerti. Jika mereka mengerti, hal itu mungkin pengetahuan umum, jika tidak, jelaskan atau berikan tautan di mana pembaca dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentangnya.
  1. Jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci (keyword) atau menyertakan tautan ( link ) yang tidak relevan
  • Dapat dimengerti mengapa Anda ingin menggunakan begitu banyak kata kunci dalam tulisan Anda. Namun ingat, pembaca akan dengan mudah membedakan antara teks yang ditulis untuk tujuan memberikan informasi kepada pembaca dengan teks yang ditulis untuk tujuan SEO saja. Tempatkan kata kunci secara strategis, sesuaikan teks, dan jangan pernah menempatkan tautan yang tidak relevan. Pembaca akan marah jika mereka mengklik tautan dan dibawa ke halaman yang tidak relevan.

Semua hal di atas adalah salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan pembaca blog Anda untuk mengunjungi kembali blog Anda karena mereka yakin blog Anda selalu menyajikan artikel yang berkualitas untuk mereka baca. Jangan terlalu fokus pada pengembalian besar dalam jangka pendek, tetapi fokuslah pada pengembalian yang sederhana namun tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *