tanaman pengusir nyamuk

10+ Tanaman pengusir nyamuk yang efektif

Posted on

Tanaman pengusir nyamukNyamuk dan serangga yang muncul di dalam rumah tidak hanya mengganggu dan tidak higienis tetapi juga bisa menjadi vektor berbagai penyakit. Karena itu, banyak keluarga sekarang menaruh perhatian besar untuk membunuh nyamuk, lalat, kecoak … di rumah. Selain menggunakan perangkap atau semprotan, Anda juga bisa menanam tanaman berikut ini baik untuk pengusir nyamuk maupun serangga, serta untuk mempercantik ruangan rumah Anda.

1. Tanaman rosemary

Pengusir Nyamuk Rosemary

Rosemary (atau rosemary) adalah spesies tumbuhan berbunga dalam famili Lipaceae. Rosemary memiliki aroma yang kuat, dan sering ditanam di rumah oleh banyak keluarga untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk. Selain itu, rosemary juga digunakan untuk menghias rumah, meningkatkan kesehatan, memasak, terutama rosemary juga membantu menghilangkan stres, meningkatkan daya ingat, dan membantu menyegarkan semangat. Minyak esensial pohon merangsang perkembangan otak manusia, membantu orang bekerja lebih baik, anak-anak lebih aktif, belajar lebih baik dan menghafal lebih cepat.

2. Pohon berumur lima tahun

Ngu Gia Gia atau nama lain seperti Gia Gia, atau Trans Gia Gia… Nama tanaman ini berasal dari ciri dan bentuknya, 5 helai daun sering tumbuh bergerombol. Banyak orang ketika ditanya apa yang ditanam untuk mengusir nyamuk sering disarankan untuk tanaman ini karena penggunaannya untuk mengusir nyamuk, lalat dan serangga telah dicatat di Vietnam Pharmacopoeia. Faktanya, banyak orang yang tinggal di daerah lembab sering menanam lima tanaman hias di pekarangan mereka untuk menghias dan mengusir nyamuk secara efektif. 

Tanaman Pengusir Nyamuk Dalam Ruangan

Menurut banyak penelitian oleh Administrasi Penerbangan Sipil AS, tanaman ini memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk dengan sangat efektif. Para ilmuwan mencoba menanam banyak pohon di ambang pintu dan melihat perubahan yang nyata. Dulu, ketika pot tidak diletakkan, setiap kali Anda membuka pintu, Anda akan melihat banyak nyamuk di sekitar Anda, tetapi setelah menanam pohon, nyamuk tidak lagi muncul berkelompok. Selain itu, tanaman ini juga memiliki efek memerangi polusi udara, mengatur iklim, menghilangkan gas beracun seperti formaldehida. Ia juga sangat menyukai iklim negara kita, mudah tumbuh dan dirawat, jadi sesibuk apapun Anda, Anda tetap bisa merawat tanaman ini dengan baik.

3. Cengkih

Cengkih (atau lilac, lilac, lilac millet) adalah pohon cemara, tumbuh terutama di iklim panas dan lembab, terutama di Indonesia, Madagaskar, India, Sri Lanka. Cengkih adalah salah satu pengusir nyamuk dalam ruangan terbaik berkat aromanya yang khas. Ketika tanaman mengeluarkan bau, partikel minyak esensial mikroskopis juga akan dilepaskan ke udara untuk mengusir lalat, nyamuk, dan serangga lainnya. 

Tanaman pengusir nyamuk cengkeh

Saat ini masyarakat masih aktif menggunakan cengkeh sebagai obat untuk mengobati penyakit mulut, mengurangi batuk, mengobati jerawat, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker… Terutama tanamannya juga digunakan untuk mengekstrak minyak esensial. Penggunaan minyak atsiri cengkeh juga memiliki efek mengusir nyamuk, selain itu juga dapat membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres dan ketegangan.

4. Tanaman perilla

Pilihan lain ketika Anda ingin menanam obat nyamuk di dalam ruangan adalah perilla. Ini adalah tanaman herba, tahunan, tegak, persegi, beralur memanjang, berbulu. Perilla adalah herba dari keluarga mint, dengan rasa hangat, pedas, daun dan batangnya banyak mengandung minyak atsiri dengan bau yang menyengat, sehingga memiliki efek mengusir lalat, nyamuk, dan serangga dengan sangat baik. 

Tanaman perilla mengusir nyamuk

Tanaman perilla tumbuh sangat cepat, kuat, tidak membutuhkan banyak air dan dapat tumbuh di tempat teduh, sehingga cocok untuk Anda tanam di dalam ruangan. Khusus untuk apartemen, tanpa taman yang luas, menanam perilla adalah cara yang efektif untuk mengusir nyamuk dan memiliki sayuran bersih untuk makanan. 

5. Tanaman kemangi

Kemangi (juga dikenal sebagai thyme atau kemangi anjing) adalah ramuan dari keluarga Nyamuk, yang tumbuh dengan baik di daerah tropis yang panas dan lembab, termasuk Vietnam. Kemangi sering digunakan dalam masakan, tetapi hanya sedikit orang yang tahu bahwa kemangi juga bekerja sangat baik bila ditanam sebagai pengusir nyamuk di rumah. Di dalam daun kemangi banyak mengandung minyak atsiri dengan aroma yang pedas dan kuat, inilah bau nyamuk yang “hebat”, jadi ketika Anda menanam tanaman ini di mana saja, otomatis nyamuk akan menjauh dari tempat itu. 

tanaman kemangi

Anda bisa menanam beberapa semak kemangi di sekitar rumah untuk mengusir nyamuk dan serangga pengganggu lainnya. Tanaman ini tidak terlalu sulit tumbuh, juga tidak memakan banyak tempat, sehingga Anda juga bisa membaginya ke dalam pot-pot kecil yang diletakkan di sekitar rumah untuk meningkatkan efisiensi pengusir nyamuk. Jika Anda tidak menanam kemangi di rumah, Anda bisa pergi ke pasar untuk membeli segenggam kemangi, menghancurkannya, meletakkannya di sudut rumah, bagian atas lemari, ambang jendela … juga berfungsi untuk mencegah nyamuk selama 1-2 hari.

6. Tanaman mint

Musim panas adalah kondisi yang menguntungkan bagi lalat, nyamuk, dan serangga lain untuk berkembang, yang memengaruhi kesehatan manusia. Mereka adalah vektor yang menyebarkan banyak penyakit, termasuk beberapa penyakit berbahaya seperti demam berdarah, diare, kolera… Untuk mencegah invasi mereka, Anda dapat menanam beberapa di sekitar rumah. 

Harus menanam mint sebagai tanaman pengusir nyamuk dalam ruangan

Mint adalah ramuan yang tumbuh dan tumbuh subur di udara musim panas yang panas dan lembab. Menthol mengandung pengusir nyamuk yang 10 kali lebih efektif daripada Deet, bahan yang ditemukan dalam insektisida. Selain itu, tanaman ini juga mengandung nepetalactone – minyak esensial yang tidak bisa ditoleransi nyamuk saat mendekat. Tanaman mint pengusir nyamuk sangat mudah tumbuh, hanya perlu menyiramnya sampai penuh dan meletakkannya di tempat yang terang agar tumbuh dengan baik. Untuk mencegah lalat, nyamuk, serangga…, Anda harus meletakkan beberapa pot mint di balkon atau di ambang jendela atau menggantungnya tinggi-tinggi, diletakkan di atas meja atau di dapur. Ini adalah cara mengusir nyamuk yang aman, ramah lingkungan dan sangat ekonomis.

7. Pohon serai

Serai adalah tanaman tropis asli Asia Tenggara, sering digunakan sebagai bumbu dalam pengolahan makanan, bumbu yang sangat diperlukan dalam banyak masakan keluarga Vietnam. Namun, tidak hanya digunakan dalam masakan, serai juga banyak digunakan dalam kehidupan, digunakan untuk mengobati penyakit, mempercantik dan terutama untuk mengusir nyamuk. 

Serai juga sangat bermanfaat untuk mengusir nyamuk

Serai memiliki aroma lemon segar yang ringan yang sangat menyenangkan bagi manusia tetapi merupakan bau yang sangat “menjijikkan” bagi nyamuk. Aroma serai memiliki efek mengganggu orientasi nyamuk dan serangga, sehingga tidak dapat menemukan target untuk diserang. Oleh karena itu, menanam serai di dalam ruangan dapat membantu menjauhkan nyamuk, lalat, serangga … jauh dari ruang keluarga Anda. 

Jika Anda tidak menanam tanaman di dalam ruangan, Anda juga bisa menghancurkan beberapa batang serai untuk ditaruh di pintu, jendela, di mana nyamuk bisa masuk atau memasak pot jus serai sampai airnya menguning, dinginkan lalu gunakan botol semprot. sudut rumah, pintu masuk. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan lampu minyak serai untuk membantu menjaga udara dalam ruangan tetap segar, rileks secara mental, dan mengusir nyamuk. 

8. Lavender

Nyamuk sering tertarik pada aroma dan parfum menarik lainnya yang berasal dari tubuh manusia. Namun, ada juga aroma alami yang tidak disukai nyamuk dan serangga lainnya, termasuk lavender. Aroma bunga ini mengganggu konsentrasi dan orientasi lalat, nyamuk, serangga, dll, sehingga melumpuhkan kemampuan mereka untuk menyerang. 

Lavender cukup ampuh untuk mengusir nyamuk

Anda dapat menanam lavender sebagai pengusir nyamuk dalam ruangan. Jika tidak memiliki bunga, Anda juga dapat menggunakan bunga kering, masukkan ke dalam tas beraroma, gantung di dekat pintu, tempat lalat, nyamuk atau nyamuk berkumpul. Atau lebih sederhana, Anda dapat menggunakan diffuser minyak esensial lavender untuk menyebarkan aroma ke seluruh ruangan, baik melawan nyamuk dan mengurangi stres, membantu Anda untuk rileks secara mental setelah bekerja.

9. Pohon pinus yang harum

Pinus harum (juga dikenal sebagai pinus lemon) adalah pohon abadi berkayu, bercabang banyak, dengan bentuk piramida yang indah yang diciptakan oleh pohon-pohon yang lebat dan menyebar. Daunnya berbentuk jarum, dengan warna kuning lemon yang segar dan unik, sehingga bisa digunakan sebagai tanaman hias dan juga sebagai pengusir nyamuk di dalam rumah. 

Pohon pinus yang harum mengusir nyamuk

Pohon pinus lemon memiliki aroma lembut yang tidak hanya membantu jiwa Anda rileks, tetapi juga mengusir serangga yang mengganggu seperti lalat, nyamuk… Anda dapat menempatkan pohon ini di dekat jendela, pintu keluar, atau area di mana lalat dan nyamuk sering berkumpul. menjauhkan mereka dari ruang keluarga mereka.

10. Bunga lima warna

Bunga lima warna juga dikenal sebagai bunga miliaran dolar. Tanaman berbunga memiliki banyak warna yang berbeda, pada setiap cabang bunga terdapat dua bunga dengan banyak bunga kecil yang tergeletak berdampingan. Bunga ini memiliki aroma yang sangat kuat, kelopaknya mengandung sekelompok senyawa alami yang disebut kumarin yang memiliki efek pengusir nyamuk yang sangat efektif, sehingga banyak digunakan sebagai bahan utama obat nyamuk. 

Bunga lima warna yang ditanam di sekitar rumah membantu mengusir nyamuk

Bunga lima warna sering tumbuh dalam kelompok yang cukup besar, tumbuh dengan baik di pot, petak bunga atau taman batu. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir area rumah Anda terlalu kecil, tidak ada tempat untuk menanam tanaman anti nyamuk di dalam rumah. Hanya beberapa pot bunga lima warna kecil yang ditempatkan di tempat-tempat seperti jendela, pintu… Anda telah berhasil mengusir nyamuk dari rumah Anda. 

11. Marigold

Mirip dengan bunga iris, bunga marigold juga bisa ditanam sebagai tanaman hias pengusir nyamuk berkat aromanya yang khas. Saat berbunga marigold akan mengeluarkan aroma yang kuat yang membuat semua jenis lalat, nyamuk, serangga atau cacing, kutu daun kabur. Oleh karena itu, tukang kebun organik sering menanam marigold di sekitar kebun, ladang, dan tanaman untuk mengusir kutu daun dan nyamuk yang berbahaya.

Marigold dapat digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk dalam ruangan

Marigold menyukai cahaya, jadi ketika menanam tanaman ini, Anda harus menempatkannya di tempat yang banyak cahaya seperti balkon, di samping jendela besar… Saat mekar, bunganya akan berbentuk bulat, kuning cerah atau agak oranye, sangat bersemangat. Tanaman ini sering digunakan banyak di hari libur dan Tahun Baru untuk menghias rumah, membawa tampilan yang ramai dan menyenangkan ke ruang. 

12. Geranium

Geranium

Geranium indah dan juga memiliki aroma yang sangat menarik bagi manusia, tetapi nyamuk dan serangga sangat takut. Anda dapat menanam pot geranium di dalam ruangan untuk mendekorasi dan mendekorasi rumah dan tidak khawatir dengan nyamuk. Selain itu, untuk meningkatkan efeknya, Anda bisa menggunakan minyak esensial geranium untuk menghirup di ruang tamu. Minyak esensial ini tidak hanya membantu mencegah lalat dan nyamuk masuk ke dalam rumah, tetapi juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan relaksasi.

13. Kayu aps

pohon apsintus

Wormwood adalah tanaman yang akrab bagi orang Vietnam berkat banyak kegunaannya dalam pengobatan dan kecantikan. Selain itu, wormwood juga merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling populer di Vietnam. Aroma apsintus membantu mengusir nyamuk secara efektif, biayanya sangat murah, Anda dapat menggunakan daun segar dan kering. Jika Anda ingin mengusir nyamuk, Anda harus meletakkan seikat wormwood kering di pintu, jendela, lemari, di saku Anda… Selain itu, Anda dapat membakar daun wormwood kering untuk menyebarkan aroma ke seluruh rumah.Sangat efektif melawan nyamuk .

14. Tanaman bawang putih

Menanam bawang putih sebagai tanaman pengusir nyamuk

Bawang putih merupakan bumbu dapur, juga merupakan obat tradisional yang sangat familiar di telinga kita. Namun, efek pengusir nyamuk dari bawang putih belum diketahui secara pasti. Pada umbi, batang dan daun bawang putih banyak mengandung minyak atsiri dengan aroma hangat, pedas, kuat, sehingga serangga, lalat, dan nyamuk membenci tanaman ini. Anda bisa merebus air bawang putih dan menggunakan larutan ini untuk disemprotkan ke sudut-sudut rumah, tempat nyamuk sering hidup, mereka akan cepat pergi dan tidak lagi berani “menajamkan” di dekat rumah Anda lagi. 

15. Bunga teratai kering

Teratai adalah tanaman tahunan herba kecil. Tanaman ini tumbuh dalam bentuk tabung, menyukai cahaya dan memiliki kemampuan berbunga terus menerus sepanjang tahun. Tanaman ini pedas, asam, dingin, sehingga memiliki efek menghilangkan panas, detoksifikasi, mengatur menstruasi, diuretik, pencahar, kecuali batuk, bronkitis … Secara khusus, tanaman ini digunakan untuk mengusir nyamuk, juga sangat baik. 

Bunga teratai bisa menjadi tanaman hias sekaligus tanaman anti nyamuk yang sangat baik

Dengan warna bunga yang cerah, bentuk bunga dan daun yang menarik, lotus dapat ditanam di pot, digantung di lobi restoran, kafe … membuat ruang di sini menjadi luar biasa dan menarik. Selain itu, Anda juga bisa menanam terarium di taman, balkon, petak bunga, pot hias untuk penghias ruang taman, villa, baik untuk mempercantik rumah maupun membantu mengusir nyamuk.

Di atas adalah beberapa tanaman yang baik pengusir nyamuk dan dapat ditanam sebagai tanaman indoor yang ingin kami perkenalkan kepada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *